Skip to main content

Sebelum Dikonsumsi Buah Dan Sayuran Harus Dicuci Dulu

Jangan pernah berpikir untuk langsung mengonsumsi buah atau sayuran sebelum dibersihkan. Hal itu sangat berbahaya, bisa saja kuman-kuman patogen (penyebab penyakit) yang ada di dalam buah atau sayuran tersebut masuk ke dalam tubuh hingga akhirnya menyebabkan Anda jatuh sakit. Di Amerika Serikat, berdasarkan data yang dikeluarkan CDC ada sekitar 3000 orang yang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit yang disebabkan oleh makanan. Mereka mencatat bahwa angka itu sudah termasuk kematian yang disebabkan oleh patogen yang berasal dari cabai serta bayam. Jangan juga percaya dengan label buah atau sayuran yang berlabel organik, bukan berarti Anda boleh langsung memakannya, Anda tetap harus mencucinya terlebih dahulu.
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dari serangan penyakit tersembunyi yang ada di buah atau sayuran, simak hal berikut ini:
  • Cuci Buah dan Sayuran di bawah Air Mengalir Dengan menggunakan air yang mengalir, kotoran-kotoran serta kuman patogen yang menempel di buah dan sayuran dapat disingkirkan. Jika Anda mencucinya di wadah, maka kotoran atau kuman yang coba disingkirkan dari buah atau sayuran itu masih memiliki kemungkunan untuk bisa tetap berada di buah atau sayuran tersebut, karena tidak langsung terbuang oleh aliran air melainkan masih tercampur dalam satu wadah. Bisa saja Anda meletakkannya di dalam wadah, namun wadah yang berpori dan tetap dicuci di bawah aliran air.
  • Gunakan Sikat Khusus untuk Menyikat Kulit Buah atau bagian Akar Sayuran Gunakanlah sikat khusus sayuran untuk membersihkan akar sayuran atau kulit buah, seperti melon, mentimun ataupun jeruk, agar kuman-kuman yang menempel benar-benar disingkirkan. Jika pada permukaan buah masih terdapat Kuman patogen, makakuman tersebut bisa saja berpindah ke daging buah saat Anda memotongnya.
  • Kupas Buah dan Buang Daun Terluar dari Sayuran EPA dalam situsnya epa.gov menyarankan untuk menggupas kulit buah terlebih dahulu sebelum memakannya. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan kemungkinan dari adanya residu pestisida yang termakan saat Kita mengonsumsinya. Sementara FDA juga menyarankan agar membuang daun terluar dari sayur-sayuran, seperti kol, seledri ataupun salada.
  • Keringkan Buah dan Sayur sebelum Dikonsumsi Setelah buah dan sayur dicuci, maka selanjutnya Anda harus mengeringkannya dengan menggunakan handuk bersih ataupun kertas pengering.
  • Semprot dengan Ramuan Sendiri Banyak pihak sepakat bahwa mencuci di bawah aliran air merupakan langkah yang tepat untuk menyingkirkan baik itu kuman ataupun residu pestisida. Namun, agar lebih teryakinkan, Anda bisa menyemprotkan buah dan sayuran dengan semprotan yang bisa Anda buat sendiri di rumah.
    Komposisi Larutan semprotan terdiri dari: 1 mangkuk air, 1 mangkuk white vinegar, 1 sendok teh baking soda dan 1/2 air perasan lemon. Campur bahan-bahan tersebut dan masukkan ke dalam botol semprot untuk disemprotkan ke buah dan sayuran, dan diamkan 5 menit, lalu pastikan untuk membilas buah dan sayurannnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi

Popular

Fakta Unik Tentang Jatuh Cinta

Jatuh cinta tidak sekedar rasa suka dan rasa ingin memiliki, ada banyak hal tentang cinta yang membuat takjub dan romantis. 1. Jatuh cinta dapat memberi efek menenangkan pada tubuh dan pikiran, serta meningkatkan kadar faktor-faktor pertumbuhan saraf selama sekitar satu tahun. Hal tersebut akan membantu seseorang memperbaiki sistem saraf dan meningkatkan memori mereka yang sedang jatuh cinta. 2. Di sisi lain, ada juga yang mengalami stres dan ketakutan mendalam saat jatuh cinta. Perasaan jatuh cinta pada beberapa orang juga menyebabkan telapak tangan mudah berkeringat dan meningkatkan denyut jantung. 3. Lagu cinta tertua yang diketahui ditulis 4.000 tahun yang lalu dan berasal dari daerah antara Sungai Tigris dan Efrat. 4. Sebuah penelitian yang ditulis dalam Why We Love : The Nature and Chemistry of Romantic Love menujukkan bahwa seorang pria yang bertemu wanita tak dikenal dalam kondisi membahayakan (berjalan di jembatan yang rapuh) cenderung untuk sal

Menjaga Kemesraan Dengan Pasangan

Sering sekali dalam rumah tangga terdapat permasalahan dan tekadang sumbernya sangat sepele. Hal ini seharusnya di hindari dalam hubungan rumah tangga karena semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Romantis dan menyenangkan terutama saat sedang bercinta karena menurut para ahli kesehatan yang dibutuhkan adalah kwalitas bukan kuantitas bercinta. Beberapa orang ahli membagi kalau di dalam tubuh manusia terdapat sebuah elemen yaitu hati atau perasaan jadi setiap orang pasti ingin merasakan dicintai. Oleh karena itu untuk membuktikan bahwa anda mencintai pasangan anda memerlukan sesuatu yang membuatnya dapat merasakan hal tersebut secara sempurna. Dalam melakukan percintaan dengan pasangan maka ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kwalitas yang baik : 1. Tentukan Waktu Bercinta Cara ini akan membuat anda menjadi lebih romantis dengan pasangan anda karena sama seperti pacaran dulu untuk ketemu saja mungkin perlu waktu satu minggu sekali, jadi jika an