Skip to main content

Bir Mempunyai Manfaat Kesehatan

Alkohol memang memberikan efek buruk bagi kesehatan fisik dan mental, namun jika itu dikonsumsi secara berlebihan. Banyak penelitian justru membuktikan jika alkohol akan memberikan manfaat baik bagi tubuh kita jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Semua jenis alkohol seperti bir, wine, atau liquor akan meningkatkan kadar kolesterol baik kita, ini yang disampaikan Lisa Young, Profesor Bidang Nutrisi di New York University, dan penulis buku The Portion Teller Plan.

"Itu benar-benar manfaat besar untuk orang-orang yang memiliki masalah kolesterol karena sulit meningkatkan kolesterol baik Anda," ujarnya.

Jika Anda hamil, sebaiknya hentikan dulu konsumsi alkohol karena dapat menyebabkan keguguran atau sindrom alkohol janin pada bayi yang masih ada di dalam kandungan. Sindrom ini dapat merusak pertumbuhan dan perkembangan sistem sarafnya. 

Nah, bagaimana dengan bir? Apa itu Bir?
Salah satu minuman beralkohol yang paling sering dikonsumsi orang-orang di seluruh dunia, bir terbuat dari malt barley, dan terkadang dari gandum dan jagung.

Dalam proses pembuatan bir, fermentasi pati, gula dalam wort akan menghasilkan etanol dan karbonasi. Dalam pembuatan bir komersial, efek karbonasi alami sering dihilangkan selama pemrosesan dan diganti dengan karbonasi paksa.

Minuman ini ternyata bukan sekadar minuman "pergaulan". Sebuah artikel di jurnal medis The Lancet menyebutkan, konsumsi bir sebenarnya dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung. Minuman ini mengandung vitamin B6, yang mencegah pertumbuhan homocysteine, senyawa kimia yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Bir juga membantu mencegah anemia, serta meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Konsumsi bir dalam jumlah sedang terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol secara drastis, serta mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular. Selain itu bir juga bisa mencegahan kanker dan diabetes, membantu sistem pencernaan, serta mengobati osteoporosis dan hipertensi. Bir sangat efektif mencegah pembentukan batu ginjal.

Rata-rata satu sajian bir (sekitar 355 ml untuk bir kalengan) memberikan perlindungan antioksidan dalam jumlah yang sama dengan red wine. Mengonsumsi bir dalam jumlah yang sedang dapat menurunkan peluang penyakit jantung koroner hingga 30-40 persen. Dari segi kandungan kalorinya, ada beberapa variasi. Regular bir kurang lebih mengandung 144 kalori, sedangkan light beer 108 kalori.

Sekali lagi, jika Anda ingin minum alkohol, kuncinya adalah minum dalam jumlah yang sedang. "Manfaat itu akan Anda dapatkan jika jumlahnya sedang, yaitu satu atau dua sajian untuk sehari," papar Young. Jika rata-rata ukuran bir per sajian adalah 355 ml, satu sajian wine adalah 148 ml, dan alkohol keras 44 ml. "Tetapi Anda tidak bisa merapel jumlah tersebut saat weekend, lho!"

Jangan lupa, alkohol juga bisa menyebabkan kecanduan. Jadi, Anda harus memastikan bahwa Anda bisa membatasi asupannya. Jika Anda mudah terpengaruh teman, atau punya riwayat keluarga yang mengalami kecanduan alkohol, sebaiknya jauhkan diri dari minuman ini.

Popular

Fakta Unik Tentang Jatuh Cinta

Jatuh cinta tidak sekedar rasa suka dan rasa ingin memiliki, ada banyak hal tentang cinta yang membuat takjub dan romantis. 1. Jatuh cinta dapat memberi efek menenangkan pada tubuh dan pikiran, serta meningkatkan kadar faktor-faktor pertumbuhan saraf selama sekitar satu tahun. Hal tersebut akan membantu seseorang memperbaiki sistem saraf dan meningkatkan memori mereka yang sedang jatuh cinta. 2. Di sisi lain, ada juga yang mengalami stres dan ketakutan mendalam saat jatuh cinta. Perasaan jatuh cinta pada beberapa orang juga menyebabkan telapak tangan mudah berkeringat dan meningkatkan denyut jantung. 3. Lagu cinta tertua yang diketahui ditulis 4.000 tahun yang lalu dan berasal dari daerah antara Sungai Tigris dan Efrat. 4. Sebuah penelitian yang ditulis dalam Why We Love : The Nature and Chemistry of Romantic Love menujukkan bahwa seorang pria yang bertemu wanita tak dikenal dalam kondisi membahayakan (berjalan di jembatan yang rapuh) cenderung untuk sal

Sebelum Dikonsumsi Buah Dan Sayuran Harus Dicuci Dulu

Jangan pernah berpikir untuk langsung mengonsumsi buah atau sayuran sebelum dibersihkan. Hal itu sangat berbahaya, bisa saja kuman-kuman patogen (penyebab penyakit) yang ada di dalam buah atau sayuran tersebut masuk ke dalam tubuh hingga akhirnya menyebabkan Anda jatuh sakit. Di Amerika Serikat, berdasarkan data yang dikeluarkan CDC ada sekitar 3000 orang yang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit yang disebabkan oleh makanan. Mereka mencatat bahwa angka itu sudah termasuk kematian yang disebabkan oleh patogen yang berasal dari cabai serta bayam. Jangan juga percaya dengan label buah atau sayuran yang berlabel organik, bukan berarti Anda boleh langsung memakannya, Anda tetap harus mencucinya terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dari serangan penyakit tersembunyi yang ada di buah atau sayuran, simak hal berikut ini: Cuci Buah dan Sayuran di bawah Air Mengalir Dengan menggunakan air yang mengalir, kotoran-kotoran serta kuman pat

Menjaga Kemesraan Dengan Pasangan

Sering sekali dalam rumah tangga terdapat permasalahan dan tekadang sumbernya sangat sepele. Hal ini seharusnya di hindari dalam hubungan rumah tangga karena semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Romantis dan menyenangkan terutama saat sedang bercinta karena menurut para ahli kesehatan yang dibutuhkan adalah kwalitas bukan kuantitas bercinta. Beberapa orang ahli membagi kalau di dalam tubuh manusia terdapat sebuah elemen yaitu hati atau perasaan jadi setiap orang pasti ingin merasakan dicintai. Oleh karena itu untuk membuktikan bahwa anda mencintai pasangan anda memerlukan sesuatu yang membuatnya dapat merasakan hal tersebut secara sempurna. Dalam melakukan percintaan dengan pasangan maka ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kwalitas yang baik : 1. Tentukan Waktu Bercinta Cara ini akan membuat anda menjadi lebih romantis dengan pasangan anda karena sama seperti pacaran dulu untuk ketemu saja mungkin perlu waktu satu minggu sekali, jadi jika an